Cara Membuat Angkak Ramuan Untuk Kesehatan

Angkak adalah beras putih yang dilakukan fermentasi hingga 1 pekan lamanya menggunakan kapang atau cendawan bernama Monascus purpureus. Sehingga beras yang tadinya berwarna puh pun berubah menjadi merah tua. Cara membuat angkak pertama kali dilakukan pada zaman Dinasti Ming, saat berkuasa di negeri China, tepatnya di abad ke-14 hingga abad ke-17. Beberapa penelitian sudah dilakukan bertujuan untuk menguji khasiat angkak. Terdapat beberapa macam senyawa aktif yang membentuk angkak, diantaranya monakolin I-IV, lovastatin, dan dihiromonakolin. Untuk senyawa lainnya berbentuk komponen sterol, diantaranya seperti isoflavon, stigmasterol, campesterol, asam lemak tidak jenuh tunggal, dan lain sebagainya.

angkak

Khasiat Angkak Untuk Kesehatan

Angkak berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat, menurunkan hipertensi, dan meningkatkan trombosit dalam darah. Karena itulah, angkak seringkali dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit demam berdarah, mengatasi luka karena benturan, jatuh, atau pukulan, melancarkan sistem peredaran darah dan meminimalisir nyeri haid. Hanya saja perlu diketahui, bahwa pemanfaatan angkak untuk mengobati demam berdarah tak dapat dimanfaatkan sendiri, tetapi perlu didukung dengan konsumsi obat herbal lainnya dengan sifat menyejukkan dan untuk menghilangkan hawa yang lembab.

Cara Membuat Angkak Untuk Obat-Obatan
Biasanya angkak dikonsumsi harian oleh masyarakat Tionghoa sebagai penyedap makanan sekaligus baha pengawet. Mereaka memiliki kebiasaan yaitu mencampurkan angkak tersebut ke dalam makanan untuk memberikan kenyamanan pada perut sesudah makan serta membuat warna masakan pun lebih menarik karena warna merah yang dihasilkannya. Sementara penduduk Taiwan sendiri memilih meminumnya berbentuk anggur beras. Angkak sebenarnya tak memiliki rasa, hanya saja Anda harus perhatikan pemakaiannya dalam masakan, sebab jika jumlahnya berlebihan bisa menyebabkan rasa pahit.

Cara membuat angkak paling sederhana untuk mengobati penyakit adalah dengan cara menyeduhnya ataupun direbus sebanyak 30-100 gram angkak ke dalam 2 gelas air panas sampai warnanya berubah. Setelah itu, saring dan diamkan sampai dingin terlebih dulu lalu konsumsi segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *