Tahap demi tahap tentang cara menjodohkan burung kenari

Menjodohkan burung kenari dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan supaya anatara kenari jantan dan betina saling mengenal hingga berjodoh lalu melakukan perkawinan dan akhirnya bertelur menghasilkan keturunan. Ketika anda beternak burung kenari pasti akan menemui proses penjodohan, pasalnya tanpa proses penjodohan burung kenari akan sulit untuk melakukan perkawinan. Berbeda dengan burung parkit atau Lovebird yang apabila diumbar dalam satu sangkar dalam jumlah beberapa ekor  mereka dapat mencari jodohnya sendiri.
Proses penjodohan burung kenari sebenarnya mudah jika kedua kenari tersebut sudah masuk pada umur produktif. Untuk kenari jenis lokal umur produktifnya 6 bulan bagi betina, dan 8 bulan bagi kenari jantan. Jika keduanya sudah berumur produktif maka dapat kita mulai untuk langkah langkah selanjutnya. Langkah pertama ketika menjodohkan burung kenari adalah, sandingkan sangkar kenari betina dan jantan setiap hari sehari semalam. Lakukan langkah ini sampai kedua kenari tersebut saling kenal.
Tanda tanda kenari sudah saling kenal seperti saling meloloh, tidur berdekatan dan apabila kenari jantan berkicau kenari betina terlihat menundukkan badannya. Apabila tanda tanda tersebut sudah terlihat maka langkah selanjutnya adalah memasakkan kedua kenari dalam satu sangkar. Masukkan kenari jantan ke sangkar kenari betina, lihatlah terlebih dulu apakan keduanya sudah akrab atau masih bertengkar. Jika masih terlihat bertengkar maka segera ambil kenari jantan dan masukkan pada sangkar yang berbeda, ukangi lagi dengan menyandingkan seperti langkah awal sampai kedua kenari benar benar saling mengenal.
Dan jika kedua kenari tersebut sudah terlihat akrab dan bahkan saling meloloh maka biarkanlah keduanya dalam satu sangkar hingga kurang lebih 1 jam. Biasanya dalam waktu 1 jam tersebut akan terjadi proses perkawinan sekitar 2 sampai 3 kali. Dan jika sudah terjadi perkawinan 2-3 kali langkah selanjutnya adalah mengambil kenari jantan dan taruh pada sangkar yang berbeda, tapi tetap sandingkan keduanya. Besoknya lagi lakukan seperti langkah diatas dengan memasukkan kenari jantan ke sangkar betina hingga terjadi proses perkawinan lagi. Jika kenari betina sudah terlihat bertelur 2 butir maka langkah langkah diatas perlu dihentikan, setelah itu pisahkan kenari jantan dan taruh pada sangkar berbeda. Pada tahap ini jauhkan sangkar kenari jantan jauh dari sangkar kenari betina supaya tidak mengganggu proses pengeraman.
Disaat proses pengeraman taruhlah sangkar betina pada tempat yang jauh dari lalu lalang seseorang serta jauh dari hewan pengganggu seperti cicak, tokek atau tikus supaya pengeraman dapat berjalan dengan lancar dan telur telur kenari dapat menetas semua. Demikian sedikit informasi singkat cara menjodohkan kenari, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang beternak atau ingin memulai usaha beternak kenari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *