12 Objek Wisata Alam, Sejarah, Dan Budaya Di Jogjakarta

12 Objek Wisata Alam, Sejarah, Dan Budaya Di Jogjakarta | Jogjakarta kini telah berubah menjadi kota dengan khas wisatanya, terbukti setiap tahunnya selalu ada peningkatan para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebenarnya masih banyak tempat wisata menarik di Jogjakarta yang belum terekspos sama sekali.

Nah bagi anda yang mungkin memiliki rutinitas berkunjung ke Jogjakarta untuk urusan pekerjaan. Mungkin ada kalanya di saat anda mendapatkan waktu libur anda dapat menyempatkan untuk berkunjung ke tempat wisata eksotis di kota Jogjakarta yang kami bagikan berikut ini :

1. Museum Vulkanik Merapi
Tidak komplit rasa-rasanya bila Anda tidak berkunjung ke Museum Vulkanik Merapi. Museum ini diresmikan pada tahun 2010 serta berdiri dengan latar sang gunung berapi. Waktu masuk ke museum, Anda disambut replika sebaran awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994, serta 2004. Di ruang lain, Anda akan temukan jenis letusan gunung api, koleksi dari letusan-letusan tahun 2006, batuan Gunung Merapi mulai sejak 1930, serta potret-potret sang gunung dari waktu ke waktu. Untuk ticket masuk, Anda cuma butuh keluarkan 3. 000 rupiah serta 5. 000 untuk ticket film. Museum Vulkanik Merapi buka dari jam 08. 00 pagi sampai 03. 30 sore.

2. Benteng Vredeburg
Benteng ini adalah peninggalan peristiwa sejarahyang mempunyai banyak cerita misterius. Warga sekitar banyak meyakini ada arwah noni Belanda yang kerap nampak tengah malam. Sudah pasti hal sejenis ini susah dibuktikan, namun anda bebas bisa memercayainya ataupun tidak.

3. Wisata Pantai Parangtritis
Parangtritis adalah wisata yang cukup populer di Yogyakarta tidak hanya objek pantai yang lain seperti Samas, Kukup, Baron, Krakal serta Glagah. Parangtritis memiliki kekhasan panorama yang tidak ada pada tempat wisata yang lain yakni tidak hanya ombak yang besar juga ada gunung-gunung pasir di sekitaran pantai, yang umum dimaksud gumuk.

4. Candi Prambanan
Candi Prambanan, yang disebut candi hindu terbesar di Asia Tenggara. Oleh UNESCO sudah diputuskan jadi sisi dari warisan budaya dunia di tahun 1991. Candi Prambanan yang megah serta berlokasi di perbatasan pada Yogyakarta serta Jawa Tengah ini memiliki tinggi 47 meter. Candi yang begitu cantik dengan pemandangan alam sekitaran yang eksotik terutama saat senja menyelimuti Prambanan.

Letak Candi Prambanan tidak jauh dari Candi Borobudur yang ada di Magelang, hal semacam ini membuktikan kalau pada masanya dahulu, berlangsung keselarasan serta kerukunan pada umat hindu serta budha yang ada di Jawa. Candi Prambanan di bangun oleh Rakai Pikatan, penguasa saat itu. Berdasar pada Prasasti Shivagrha tahun 856 masehi, Prambanan di bangun dengan maksud sebagai penghormatan pada Dewa Siwa.

Berdasar pada prasasti juga, awalnya Candi Prambanan diberi nama Shiva-grha atau Tempat tinggal Siwa, lalu dinamakan juga dengan Shiva-laya atau Kerajaan Siwa. Pada waktu lalu Candi Prambanan adalah pusat dari aktivitas keagamaan serta pemujaan, hal semacam ini dibuktikan karenanya ada kompleks besar bangunan candi di sekitar Prambanan.

Reruntuhan Candi Boko yang tempatnya hanya kurang lebih 5 km selatan Prambanan, menegaskan kalau lokasi sekitar candi adalah pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Hindu Dinasti Sanjaya. Untuk Candi Boko sendiri yaitu sisa kompleks istana Kerajaan Mataram Hindu.

5. Candi Borobudur
Candi Borobudur yaitu candi Buddha paling besar didunia, sekaligus satu diantara monumen Buddha paling besar di dunia. Objek wisata Candi Borobudur adalah satu diantara obyek wisata yang popular hingga kemancanegara. Candi Borobudur adalah obyek wisata yang paling banyak dikunjungi, bila Anda ke Yogyakarta obyek wisata ini pastinya harus untuk dikunjungi. Borobudur mempunyai koleksi relief Buddha terlengkap serta paling banyak didunia. Borobudur masih dipakai sebagai tempat ziarah di setiap tahun bagi umat Buddha yang datang dari semua Indonesia serta mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak.

6. Malioboro
Jalan Malioboro yang berjarak 100 meter dari stasiun Tugu Jogja ini benar-benar tidak pernah sepi dari adanya pengunjung, baik itu wisatawan lokal ataupun luar negeri untuk belanja barang kerajinan serta makanan kuliner khas Jogja yakni Gudeg serta bakpia Pathok. Destinasi wisata berbelanja yang satu ini umumnya jadikan tujuan paling akhir rombongan wisatawan sesudah berkeliling berkunjung ke sebagian obyek wisata di Jogjakarta.

7. Wisma Doa Emalta
Ada satu objek religi untuk umat Kristen di Kaliurang yang bisa Anda kunjungi, yakni Wisma Doa Emalta atau sering disebut Bukit Doa Emalta. Letaknya kurang lebih 150 meter dari terminal Kaliurang serta bisa ditempuh dengan taksi selama 20 menit dari Bandara Adi Sucipto. Wisma ini terbagi dalam 16 gua doa yang dinamakan dengan nabi-nabi dalam Alkitab, dan 48 kamar doa serta satu aula berkapasitas 250 orang. Selain itu, ada menara doa Habakuk, asrama untuk tamu (lelaki serta wanita dipisah), dan satu perpustakaan yang didekasikan untuk Pendeta Damaris.

8. Objek Wisata Kaliurang
Obyek wisata yang populer lainnya dari kota yogyakarta yaitu tempat wisata kaliurang disini anda bisa lakukan aktivitas makan bersama-sama dengan keluarga anda, dikarenakan dapat merasa nikmat berwisata kuliner di kaliurang. Karena di sana ada satu taman rekreasi untuk keluarga yang memiliki udara sejuk dan keindahaan alamnya yang eksotis serta memukau.

9. Gua Jepang
Bila anda ke daerah utara Yogyakarta, anda dapat berkunjung ke Gua Jepang yang terdapat di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang. Banyak cerita misteri mengenai gua yang terdapat di kaki gunung Merapi ini. Dulunya, Gua Jepang diakui sebagai tempat perlindungan tentara Jepang dari serangan pasukan sekutu.

10. Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo yang berlokasi di Jalan Trikora No. 6, Pendowoharjo ini di resmikan oleh Sri Sultan Hamungkubuwono VIII pada 1935. Museum yang satu ini adalah tempat tinggal koleksi dari budaya serta peristiwa Jawa terlengkap di Indonesia sesudah Museum Nasional RI yang berlokasi di Jakarta.

Jadwal buka museum yaitu jam 08.00-14.00 (hari Senin, hari besar, serta hari libur tutup untuk umum/tidak terima kunjungan). Untuk harga ticket masuk museum, begitu terjangkau yakni Rp 3.000, – rupiah, orang dewasa, Rp 2.500, – rupiah, untuk anak-anak serta Rp 5.000, – rupiah bagi turis mancanegara. Untuk anda yang menginginkan melihat pertunjukan wayang kulit diiringi gamelan jawa, anda juga bisa datang ke Sonobudoyo saat malam hari. Pertunjukan mulai jam 20.00-22.00 dengan harga ticket pertunjukan sebesar Rp. 20000, – ribu untuk 1 orang.

11. Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Puncak Suroloyo mempunyai ketinggian 1. 019 m, untuk menuju lokasi Anda akan memperoleh pengalaman yang mendebarkan, Anda akan ditemani jalanan dengan kelokan yang tajam, penuh dengan tanjakan diapit oleh jurang serta bukit. Serta untuk kepuncak Suroloyo mesti menaiki anak tangga sejumlah 290 dianjurkan untuk waspada waktu menaiki tangga karena mempunyai tingkat kemiringan yang lumayan terjal.

Sampai di puncak perasaan anda dapat tergantikan oleh panorama yang indah mengagumkan. Anda akan disambut puluhan ribu kupu-kupu, burung gereja serta capung berhamburan. Keindahan Alam yang paling baik di Puncak Suroloyo yaitu waktu matahari terbit hingga jam 10.00 WIB. Selain itu, Anda dapat lihat candi Borobudur begitu kecil, pantai selatan, serta Anda dapat lihat 4 gunung yang melingkari Puncak Suroloyo yakni gunung Merapi, gunung Sindoro, gunung Merbabu, serta gunung Sumbing.

12. Taman Sari Keraton Yogyakarta
Sesudah senang dengan wisata ke Keraton Yogyakarta, sebaiknya (nanggung) bila anda tidakberkunjung ke Taman Sari Keraton Yogyakarta yang terdapat kurang lebih 1 km dari Keraton. Disana anda dapat lihat keindahan bangunan karya arsitek asal Belanda yang dahulu dipakai oleh raja Keraton Yogyakarta untuk tempat peristirahatan. Ada lorong-lorong bawah tanah yang dapat anda lalui dengan anak tangga yang unik serta mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *